pengertian maulid 825x510 - Pengertian Maulid

Pengertian Maulid

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bagi setiap muslim tentu bisa merasakan adanya hal berbeda ketika bulan Maulid telah datang. Dimana pada bulan tersebut merupakan bulan dilahirkannya pemimpin agung, pemimpin seluruh umat di dunia yaitu Nabi Muhammad saw.

Peringatan maulid nabi biasanya secara khusu dilakukan pada bulan Maulid saja, akan tetapi bagi golongan Ahlussunnah Wal Jama’ah, atau bagi warga nahdliyyin tidak hanya dilakukan pada setiap bulan Maulid nabi saja, melainkan bisa diperingati kapan saja.

Memperingati kelahiran Nabi Muhammad saw, biasanya dilakukan dengan memperbanyak membaca sholawat atau membaca kitab-kitab seperti kitab al-Barzanji atau ad-Diba’i, kitab tersebut berisikan lantunan sholawat dan berisi sejarah singkat Nabi Muhammad saw.

Dari pembacaan sholawat atau pujian yang terdapat pada kitab tersebut sebenarnya secara sengaja merupakan sebuah kegiatan untuk mengingat dan mengenang pemimpin kita semuanya yaitu Nabi Muhammad saw.

Maka bagi teman-teman yang pernah mondok dipesantren, pastinya merupakan hal yang wajib bagi santri untuk membaca sholawat, baik membaca Al-Barzanji atau ad-Diba’i, karena pada malam jumat dan hari jumat merupakan hari yang sangat baik untuk membaca sholawat. Pada hari itu bacaan sholawat yang dibacakan kepada Nabi akan dilipat gandakan pahalanya.

Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad saw. lahir pada hari senin tanggal 12 Robiul awal, atau 12 maulid pada tahun gajah. Tahun tersebut dinamakan tahun gajah karena pada saat itu ada seorang raja yang hendak menghancurkan ka’bah, raja tersebut bernama Abrahah. Dia bersama pengikutnya hendak menghancurkan ka’bah dengan menuggangi gajah.

Namun dengan pertolongan Allah SWT. kemudian Allah mengutus burung Ababil dengan membawa batu dari neraka dengan cara dicengkeram dikaki burung tersebut kemudian dijatuhkan kepada pasukan pengikut Raja Abrahah tersebut, sehingga mereka kalah sebelum dapat menghancurkan ka’bah.

Pengertian Maulid

Secara etimologi, kata mauled (موليد) termasuk jenis kalimat isim muttasharrif yang merupakan pecahan (musytaq) dari isim zaman berwazan maf’iilun (مفعيل), kata ini berasal dari kata wa-la-da (ولد) berupa kalimat fiil madhi.

Kata maulid mengandung makna “waktu dilahirkan” atau kata maulid disebut juga dengan isim zaman, yaitu kalimat isim yang menunjukan makna waktu.  Jadi pengertian maulid Nabi ialah peringatan atau perayaan terhadap waktu atau hari dilahirkannya baginda Nabi Muhammad saw.

Kebanyakan muslim beranggapan bahwa peringatan dan perayaan maulid Nabi besar Muhammad saw. adalah halbar dalam Islam, sehingga sangat wajar bila dikemudian hari muncul anggapan yang mengatakan bahwa peringatan maulid Nabi ialah perbuatan bid’ah.

Bagi golongan yang beranggapan bahwa setiap bid’ah adalah sesat dan haram tanpa terkecuali, seakan-akan pandangan mereka sudah objektif mengenai perayaan maulid Nabi saw. dimana mereka menghukuminya haram, karena pandangan mereka peringatan dan perayaan maulid Nabi saw. termasuk bid’ah.

Sebenarnya, peringatan maulid Nabi saw. sudah ada sejak zaman Nabi besar kita Muhammad saw. masih hidup dan beliau memberikan tauladan dan contoh mengenai peringatan maulid tersebut. Jadi peringatan maulid Nabi bukanlah hal yang baru ada setelah Nabi wafat.

Adapun golongan yang mengharamkan peringatan maulid Nabi saw. karena dianggap bid’ah menurut pemahaman mereka, itu lebih karena kurangnya kepandaian mereka dalam mengkaji al-Qur’an dan hadis, serta sudut pandang mereka yang sempit dalam memahami masalah agama.

Nah itulah sedikit pengertian dari maulid yang selama ini sering kita saksikan kegiatannya atau malah sering kita ikuti pula. Jadi kegiatan atau acara Maulid itu merupakan acara atau kegiatan yang ditujukan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad saw.

Demikian yang dapat kami sampaikan berkenaan dengan pengertian Maulid. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya bila terdapat kesalahan atau kekeliruan dalam penulisan kata atau pemahaman yang kami sampaikan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *