tips memilih desain jendela

Tips Memilih Desain Jendela Rumah

Jendela memiliki beragam fungsi penting di segala bidang kehidupan, mulai dari kesehatan, keindahan, dan lainnya.

Saat ini konsep desain jendela tidak dibuat monoton agar penghuni suatu ruangan bisa merasa lebih nyaman dengan keindahan dunia luar yang dibingkai jendela indah.

Saat Anda menginginkan rumah minimalis, tips memilih desain jendela tentu perlu Anda pertimbangkan.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak beberapa beberapa penjelasan tentang tips memilih desain jendela agar matching dengan rumah Anda.

Pertimbangkan Desain Bingkai dan Warna Jendela

Memilih jendela terbaik bisa dilihat melalui desain mode sekaligus warna jendela. Anda bisa mengecat sendiri agar warna bingkai terlihat serasi dengan dinding bangunan rumah.

Untuk desain bingkai Anda bisa memilih sesuai dengan kriteria, misalnya persegi panjang, prisma, segitiga, dan sebagainya.

Gunakan Teralis

Bagi sebagian masyarakat, adanya teralis merupakan keharusan yang ada di rumah demi menjaga keamanan rumah, terutama dari tindak pencurian.

Selain itu, adanya teralis jendela secara langsung juga bisa membuat rumah cantic, lho. Untuk inspirasi dan informasi lebih lengkap mengenai teralis jendela ini bisa Anda simak di dekadeko.com.

Sesuaikan dengan Kondisi Ruang dan Dinding

Jendela tidak bisa berdiri sendiri sehingga dinding bangunan bisa dijadikan sebagai pondasinya.

Tampilan jendela akan lebih menarik ketika Anda menyesuaikannya dengan dinding yang mengelilingi bingkai dan bentuk dari ruangan yang akan dilengkapi jendela. Untuk konsep desain rumah minimalis lebih cocok dengan bingkai berbentuk persegi dengan ukuran normal.

Perhitungkan Arah Datangnya Sinar Matahari

memilih desain jendela yang bagus

Agar desain jendela dibuat dengan tepat, Anda perlu mengetahui arah datangnya sinar matahari terlebih dahulu.

Dari situ Anda dapat mendesain sebuah bingkai yang unik untuk jendela Anda. Misalnya, ruang yang menghadap sinar matahari pada saat terbenam saja akan lebih cocok jika menggunakan jendela dari kaca.

Sedangkan pada ruang yang secara langsung menghadap pada arah terbitnya matahari, serta di lingkungan rumah udara cenderung memiliki suhu panas. Anda sebaiknya memilih jendela yang terbuat dari kayu.

Dari dua hal di atas perlu pula untuk mentukan bahan atau jenis jendela, misalnya jendela kaca, bambu, atau kayu.

Pilih Hiasan Paling Cocok Untuk Tiap Mode Jendela

Selanjutnya Anda dapat menentukan hiasan terbaik untuk bingkai jendela rumah minimalis. Hiasan paling umum yakni tirai atau gorden, kedua perlengkapan tersebut pun dapat dihias sesuai kriteria.

Gorden bisa dijadikan sebagai daya tarik utama pada keindahan jendela rumah.

Hiasan lain bisa berupa stiker yang cocok ditempelkan pada kaca jendela sesuai kesukaan Anda. Stiker bintang akan cocok diterapkan pada kaca jendela di ruang kamar Anda agar terasa nyaman.

Pilihlah stiker yang tampak menyala di saat gelap agar serasi dengan pemandangan langit di luar rumah. Bisa juga dijadikan sebagai penerangan yang indah ketika mematikan lampu tidur tanpa tirai jendela.

Tentukan Fungsi Utama Jendela Terlebih Dahulu

Jendela memang dapat dijadikan sebagai hiasan yang memperindah bangunan rumah. Pada desain rumah modern dan minimalis, ukuran jendela sangat dipertimbangkan mengingat bangunan rumah disesuaikan dengan kepadatan yang ada di sekitarnya.

Utamakan fungsi terlebih dahulu sebelum menentukan desain jendela agar Anda bisa memperoleh manfaatnya.

Di rumah minimalis, desain jendela cenderung dibuat berukuran kecil serta dihiasi beberapa pernak-pernik yang menarik.

Selain beberapa tips memilih desain jendela yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menambahkan tips lain ketika memperoleh saran terbaik dari rekan ahli di bidangnya.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa tips memilih desain jendela yang pas untuk rumah Anda.

Semoga dengan artikel ini adanya jendela bisa makin mempercantik rumah Anda, bukan sebaliknya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *