microsoft publisher 825x510 - Mengoperasikan Microsoft Publisher

Mengoperasikan Microsoft Publisher

Cara Mengoperasikan Microsoft Publisher

Cara Mengoperasikan Microsoft Publisher – Microsoft Publisher merupakan software yang satu paket dengan Microsoft word, excel, power point, access dalam program Microsoft Office. Microsoft Publisher memiliki fungsi untuk desktop publishing, membuat kartu ucapan, surat kabar, curriculum vitae, brosur, kalender dan masih banyak lagi.

Microsoft Publisher sangat berguna bagi teman-teman yang ingin membuat dokumen publikasi yang menarik. Publisher biasanya digunakan di kantor-kantor, sekolah, percetakan dan lainnya.

Tapi apakah teman-teman bisa mengoperasikan Microsoft Publisher? Karena biasanya di sekolah hanya diajarkan dasarnya saja dan kadang tidak diajarkan. Bila teman-teman ingin bisa mengoperasikan Microsoft Publisher, disini saya akan memberitaukan cara mengoperasikan Microsoft publisher. Oke langsung simak saja artikel berikut ini.

Menu-Menu yang ada di Microsoft Publisher

Sebelum kita lanjut ke cara mengoperasikan Microsoft Publisher, ada baiknya kita mengetahui menu-menu yang ada di Microsoft Publisher. Sebenarnya menu-menu yang ada di Microsoft Publisher hampir sama dengan Microsoft Word, Excel, dan yang lainnya, tetapi ada sedikit perbedaan.

  1. Menu File

Menu file berisi Info untuk mengetahui info dokumen, New untuk membuat dokumen baru, Open untuk membuka file yang sudah dibuat, Save untuk menyimpan dokumen, Save As untuk menyimpan kembali dokumen dengan nama yang berbeda, Print untuk mencetak dokumen, Share untuk membagi dokumen, Export untuk mengekspor dokumen, Close untuk menutup dokumen, Account untuk melihat akun, Options untuk membuka pengaturan.

  1. Menu Home

Ada submenu Clipboard memiliki fungsi untuk memotong, menyalin, mengcopy dokumen, Font untuk mengubah ukuran dan jenis font, paragraf untuk mengedit paragraf, Styles untuk mengubah style dokumen, object untuk menyisipkan objek, arrange, editing.

  1. Menu Insert

Menu Insert terdiri dari pages, tables untuk membuat tabel, illustrations untuk menyisipkan objek, building blocks, text, links, header & footer.

  1. Menu Page Design

Pada Page Design terdapat submenu template untuk mengganti template, page setup, layout, pages, schemes, page background.

  1. Menu Mailings

Terdapat submenu start, write & insert fields, preview results, finish.

  1. Menu Review

Submenunya adalah proofing dan language.

  1. Menu View

Submenu yang terdapat pada menu view adalah views, layout, show, zoom, window.

  1. Menu Help

Menu Help berguna untuk meminta pertolongan bila teman-teman bingung fungsi-fungsi dari Microsoft Publisher.

Cara Mengoperasikan Microsoft Publisher

  • Langkah pertama yang harus teman-teman lakukan adalah buka terlebih dahulu Microsoft publisher pada laptop atau komputer teman-teman.
  • Terus sobat pilih menu Page Design untuk mengganti template yang teman-teman ingin buat misalkan template brosur
  • Lalu klik Change Template, kemudian akan muncul kotak dialog
  • Pada kotak dialog terdapat macam-macam template yang bisa teman-teman gunakan untuk membuat dokumen yang teman-teman butuhkan
  • Jenis-jenis template yang ada antara lain : Brochures, Business Card, Greeting Cards, Labels, Newsletters, Postcards, Advertisement, Banners, Business Form, Catalogs, E-Mail, Envelopes, Flyers, Gift Certificates, Invitations Cards, Letterhead, Menus, Paper Folding Projects, Programs, Quick Publications, Resumes, Signs, dan With Compliments Cards.
  • Pada jenis template diatas, bila teman-teman klik brochures maka akan muncul model-model brochures yang bisa teman-teman pilih atau gunakan.
  • Bila teman-teman sudah klik model brosur yang dipilih atau yang akan digunakan, teman-teman tinggal klik OK.
  • Maka akan muncul tampilan model brosur yang teman-teman pilih, setelah itu teman-teman tinggal mengedit sesuai dengan keinginan teman-teman.

Akhir Kata

untuk anda yang ingin mengetahui materi lengkap tentang microsoft publisher, silahkan bisa kunjungi situs Gurukece.com.  Demikian ulasan tentang cara mengoperasikan microsoft publisher. Semoga artikel ini bermanfaat dan tunggu artikel selanjutnya. Bye, see you next time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *