flashdisk keyboard yamaha

Solusi Flashdisk Tidak Terbaca Di Keyboard Yamaha

Flashdisk merupakan media penyimpanan yang sangat universal atau bisa digunakan dengan benda apapun. Berbeda halnya dengan harddisk yang mungkin hanya bisa atau support digunakan pada PC dan beberapa perangkat lainnya.

Flashdisk bisa dikatakan media penyimpanan yang multifungsi. Mulai dari Musik Box, DVD Player, TV dan hingga sekarang Keyboard juga menyedia port USB. Dimaksudkan agar bisa menggunakan flashdisk dalam mengisi suara karaoke ataupun midi.

Pemberian Port USB di berbagai seri Keyboard Yamaha PSR 3000, S 700, S 900, E435, E453, E466 dan banyak seri lainnya sudah support USB. Hal ini berarti jika anda menyimpan Style atau Midi dan Musik Karaoke di dalam Flashdisk akan bisa di play pada keyboard yamaha tersebut.

Sayangnya, banyak pengguna keyboard Yamaha terutama seri PSR dan E kecewa. Pasalnya, mereka sering mengalami masalah flashdisk tidak terbaca di keyboard Yamaha dengan seri yang dimilikinya. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut saya akan memberikan solusinya yang akan dibawah dibawah ini.


Solusi Flashdisk Tidak Terbaca Di Keyboard Yamaha

flashdisk di keyboard

Tidak terbacanya flashdisk di keyboard bukan kesalahan murni dari keyboard yang anda miliki. Dan juga bukan kesalah dari flashdisk yang anda punya. Ada beberapa penyebab flashdisk tidak terbaca di keyboard yang mungkin menjadi masalahnya. Dan juga bisa saja settingan anda di keyboard ataupun format dari musik tidak sesuai dengan spesifikasi keyboard anda.

Maka dari itu, sangat penting untuk membaca spesifikasi keyboard mengenai jenis format style atau musik apa saja yang bisa dibaca. Dan jika anda mempunyai style atau song yang berbeda dengan spesifikasi, sebaiknya untuk melakukan convert baik online maupun offline. Agar file tersebut bisa terbaca.

Nah, berikut akan saya sampaikan mengenai cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di keyboard Yamaha.

Pada dasarnya, flashdisk tidak terbaca di keyboard yamaha yakni karena keyboard belum mengenali flashdisk yang anda miliki. Hal yang harus anda lakukan yakni memformat flashdisk di keyboard yamaha milik anda.

Informasi lebih lengkap seputar USB dan OTG, bisa kalian baca lebih lengkap di komputertips.com

Sebelum melakukan format flashdisk sebaiknya backup dulu style atau musik yang ada didalam flashdisk. Usahakan Copy di laptop atau komputer dan jangan menggunakan perintah “Cut”. Pasalnya, jika terjadi error dalam pemindahan melalui perintah “cut” file akan hilang. Berbeda hanya jika anda membackup data dengan perintah “copy” dan paste.


Cara Format Flashdisk di Keyboard Yamaha

flashdisk keyboard yamaha

  1. Masukkan Flashdisk ke dalam port USB keyboard (data sudah di backup)
  2. Kemudian tekan dan tahan tombol function
  3. Geser menu ke atas menggunakan tombol + dan jika kebawah menggunakan tombol –
  4. Kemudian cari pilihan format dalam layar keyboard
  5. Tekan tombol execute [0] lalu Yes untuk melakukan format
  6. Setelah berhasil terformat tekan tombol function untuk keluar dari menu pengaturan

Setelah melakukan format, anda bisa mengcopy kembali backup yang telah dibuat tadi. Kemudian coba untuk gunakan ke keyboard yamaha menggunakan flashdisk yang sudah diformat tadi.

Demikian ulasan mengenai Solusi Flashdisk Tidak Terbaca di Keyboard Yamaha. Cara format diatas bisa anda gunakan untuk semua seri keyboard yamaha. Mungkin jika terdapat perbedaan hanya sedikit saja di langkah – langkahnya.

Selain itu, dalam memilih flashdisk yang akan dicolokan atau gunakan di keyboard yamaha sebaiknya yang berkualitas dan original. Dan juga untuk pemilihan kapasitas sebaiknya antara 2GB dan 4GB. Pasalnya, kebanyakan keyboard yamaha hanya mampu untuk membaca kapasitas data di 2 GB dan 4GB saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *